Kenal Lebih Dekat Dunia SEO dan ASO Bersama Antonius Putu Satria
Sering mendengar istilah SEO (Search engine optimization) dan ASO (App Store Optimization) tapi belum paham betul fungsi dan mengapa kedua hal ini penting di era digital? Antonius Putu Satria, SEO & ASO Manager dari Transfez dan Jack Finance akan bercerita banyak tentang hal ini. Di luar kesibukannya di Transfez dan Jack Finance, Antonius juga mengembangkan podcast yang isinya mengenai dating di era digital. Pun di sela-sela waktunya yang lain, alumni pascasarjana Universitas Gunadarma jurusan Manajemen Sistem Informasi ini juga menyambi sebagai mentor SEO/ASO di beberapa platform mengajar online.
Simak penjelasan Antonius mengenai dunia SEO dan ASO dalam obrolan berikut!
Selama ini orang awam sering mendengar istilah SEO dan ASO tapi bisa jadi enggak tahu bedanya. Sebenarnya apa beda kedua term tersebut?
App Store Optimization (ASO) dan Search Engine Optimization (SEO) secara konseptual sangat mirip. SEO melibatkan pengoptimalan situs web untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari seperti Google, Bing, dan DuckDuckGo. Sementara ASO, melibatkan pengoptimalan aplikasi untuk meningkatkan peringkat di app store. Pada intinya, perbedaan keduanya hanya di platform, SEO pada website, ASO pada aplikasi.
Apa yang membuat Anda tertarik menekuni bidang SEO dan ASO ini? Gimana ceritanya kok bisa kecemplung di bidang ini?
Awalnya saya bekerja sebagai android developer, sempat juga menjadi database adminitrator. Namun, pada tahun 2016 mengetahui profesi yang menarik, penggabungan ilmu teknis yang saya dapat pada sarjana dulu yaitu Teknik Informatika, digabungkan dengan teknik marketing. Itulah SEO. Semuanya belajar dan mencoba ilmunya dengan praktik yang tentunya didapatkan informasinya dari Google itu sendiri. Kalau ASO, itu kebetulan dipercaya sama bos di tempat yang sekarang, yang juga menjadi bos saya di kantor sebelumnya untuk menjalankan role tersebut. Tentu saat ini masih terus belajar dalam mengoptimasi website dan app store.
Keterampilan dan pengetahuan apa yang menurut Anda paling penting untuk menjadi SEO dan ASO Manager yang berhasil?
Mengetahui aspek teknis pada website dan aplikasi, serta kemampuan menganalisis perubahan algoritma yang selalu berubah, seiring berjalannya waktu. Akan sangat sulit menjadi seorang profesional di dunia SEO dan ASO jika tidak punya kemampuan menganalisis yang baik, karena itu berpengaruh terhadap strategi yang akan dijalankan ke depan.
Bagaimana Anda mengikuti perkembangan terbaru dalam SEO dan ASO? Apakah Anda mengikuti blog, menghadiri konferensi, atau mengambil kursus online?
Cara paling mudah bergabung pada komunitas, karena akan selalu ada studi kasus yang di bahas. Cara lain adalah mengikuti para profesional yang suka berbagi di internet tentang perubahan yang terjadi pada mesin pencari. Atau bisa juga membaca informasi yang ada di website, yang suka berbagi tentang marketing, terutama SEO, contohnya seperti Search Engine Journal atau Search Engine Land.
Apa saja alat dan platform yang paling sering Anda gunakan dalam pekerjaan Anda? Mengapa Anda memilih alat tersebut?
Untuk SEO yang biasa dipakai Google Analytics 4, Google Search Console, Keyword Planner, Semrush, Ahrefs, Screaming Frog SEO Spider, dan berbagai tool gratis lainnya. Untuk ASO hanya menggunakan App Console dan AppTweak untuk melakukan analisis optimasi dan kompetitor.
Bagaimana Anda mengukur keberhasilan strategi SEO dan ASO Anda? Metrik apa yang Anda lacak?
Tergantung goals yang dikejar sih kalau ini. Secara standard, metriks yang paling umum dikejar adalah organik trafik website, kata kunci pada halaman pertama, dan juga penanganan error pada website, atau sekarang sering disebut dengan core web vital.
Bagaimana Anda menangani perubahan algoritma mesin pencari dan platform app store?
Sudah sedikit disebutkan di atas, cara paling mudah adalah bergabung dengan komunitas, dan membaca informasi dari internet. Banyak sekali media yang membahas tentang perubahan algoritma. Google sendiri biasanya memberikan informasi tentang perubahan algoritma, namun tidak spesifik menjelaskan sehingga kita sebagai praktisi harus mengulik sendiri.
Seperti apa Anda melihat masa depan SEO dan ASO?
Masih cukup potensial sebagai role penting dalam tim digital marketing. Terlepas adanya AI atau apapun di masa depan, SEO tetap bekerja sesuai dengan apa yang dimau oleh manusia, bukan robot. Mesin hanya membantu, tapi pada akhirnya seorang praktisi SEO dan ASO akan tahu bagaimana cara bekerja mesin untuk manusia itu sendiri.
Apa saran Anda untuk orang yang ingin memulai karir sebagai SEO dan ASO Manager?
Sebagai role yang ada di tengah, karena berkaitan dengan tim teknis, konten, kreatif, dan marketing lainnya, hal yang harus dipelajari adalah cara berkomunikasi yang baik, karena banyak yang tidak paham konsep SEO atau ASO itu sendiri. Selain itu selalu update dengan berbagai informasi mengenai perubahan teknologi juga sangat penting.